Selamat Datang di Official Website PT Pupuk Indonesia Logistik - Exellent Services for Reliable Shipping


PERDANA! MT Salmon Mustafa Angkut Amoniak ke Filipina

BONTANG—Pupuk Kaltim mengekspor 5.000 metrik ton (MT) amonia hasil produksi perusahaan ke Pelabuhan Isabel, Leyte, Filipina, menggunakan kapal MT Salmon Mustafa.

Pelepasan kapal pengangkut terbesar milik PT Pupuk Indonesia Logistik (PILOG) tersebut dilakukan oleh Direktur Komersil Pupuk Kaltim Gatoet Gembiro Noegroho bersama Direktur Utama Pilog, Budi Asikin pada Senin (22/6/2020).

Dijelaskan Gatoet, ekspor amonia merupakan upaya Pupuk Kaltim sebagai salah satu anak usaha Pupuk Indonesia dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui ekspor produk berkualitas internasional.

Ekspor amonia merupakan kebanggaan bagi Pupuk Kaltim, ini membuktikan bahwa produk perusahaan memiliki daya saing tinggi dan bisa diterima pasar internasional,” kata Gatoet.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PILOG, Budi Asikin menambahkan pelepasan pengapalan ini merupakan implementasi dari Sinergi Group di Lingkungan PT Pupuk Indonesia (Persero), dimana PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) selaku produsen sekaligus Trader dan PT Pupuk Indonesia Logistik  (PILOG) sebagai perusahaan pelayaran.

Semoga dengan pengapalan ini, PKT dan PILOG dapat terus bersinergi dan bekerjasama dalam upaya meningkatkan devisa negara,“ tambahnya.

Berbeda dari sebelumnya yang menggunakan free on board (FoB), ekspor kali ini menggunakan  metode cost and freight (CFR) atau sistem kerjasama dimana pihak penjual (eksportir) bertanggung jawab sampai kapal berangkat dari pelabuhan asal. Proses ini sengaja dipilih PT Pupuk Kaltim agar lebih optimal.

Budi berharap terealisasinya penjualan ekspor amonia dengan metode CFR ini, menjadi pembuka jalan kerjasama antar anak perusahaan Pupuk Indonesia, khususnya PILOG dengan PKT. Sebagaimana diketahui saat ini tengah dilakukan proses muat sebelum kapal diberangkatkan pada 25 Juni 2020 mendatang.

Terima Kasih atas kepercayaan Manajemen PT Pupuk Kaltim kepada PILOG untuk mengangkut amonia ekspor ke Filipina. Dan juga kepada  seluruh pihak, kami atas nama Manajemen PILOG menyampaikan banyak kasih atas support dan bantuannya,” Ucap Budi Asikin.